Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

Orang menyebutnya lensa kit, lensa yang akan kita dapatkan sebagai bonus ketika kita membeli sebuah kamera DLSR baru. karena hanya sebagai lensa bonus, tentu dari segi kualitas gambar yang dihasilkan dengan lensa kit zoom 18-55mm tidaklah sebagus jika dibandingkan dengan lensa-lensa yang di jual terpisah dari body kamera. Lensa ini pula yang saya dapatkan ketika membeli kamera DLSR, tetapi tidak banyak foto yang saya buat menggunakan lensa kit zoom 18-55mm hingga saat ini, terkecuali hal yang tidak biasa yang telah saya lakukan dengan membawa lensa ini selama sehari penuh dan mengambil gambar menggunakan lensa kit 18-55mm beberapa hari lalu.

Yup, ini merupakan hal yang tidak biasa bagi saya yang disebabkan oleh rasa penasaran untuk menggunakan lensa prime super-wide yang belum kesampaian untuk dimiliki. Saya memiliki lensa prime wide 35mm, tapi apabila digunakan di body DLSR saya yang memiliki crop factor 1.6mm maka gambar yang di hasilkan akan sama seperti apabila menggunakan lensa 55mm di full frame, sangat jauh dari harapan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebar, sedangkan dengan
menggunakan lensa kit yang dapat saya letakkan pada posisi 18mm hingga 24mm maka gambar yang akan didapat sekitar 28mm dan 35mm pada kamera full frame, dengan alasan inilah maka saya melakukan hal yang tidak biasa tersebut. Hasilnya, dengan mengesampingkan segala bentuk teknis maupun kualitas ketajaman gambar yang dihasilkan lensa kit zoom 18-55mm merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi saya yang akhirnya bisa menghilangkan rasa penasaran dan merasakan sensasi dari menggunakan lensa super wide pada kamera DLSR meskipun itu bukan prime lens.

(click images for the best view)

